Masalah Penting Keamanan Truk Bucket

 Seperti kendaraan tugas berat lainnya, truk ember memerlukan pemeriksaan yang cermat. Mobil ini melintasi jalan umum dan jalan raya; itu berhubungan dengan lalu lintas yang padat juga; dan yang terpenting, diharapkan dapat menyediakan platform yang aman dan stabil saat mengoperasikan boom di ketinggian. Oleh karena itu, penting bagi semua bagian vital kendaraan untuk diperiksa secara berkala jika tidak setiap hari untuk memastikan tidak ada potensi kegagalan yang terjadi selama pengoperasiannya.

Pelatihan K3

Pemeliharaan Terjadwal vs. Inspeksi Harian


Setiap kendaraan memiliki jadwal perawatan yang harus diikuti yang biasanya didasarkan pada jumlah jam operasi atau pembacaan odometer. Pemeliharaan terjadwal harus memberi tahu operator kapan harus mengganti bagian-bagian tertentu seperti bantalan rem atau mengganti cairan truk (seperti oli mesin) untuk menjaga truk ember dalam kondisi kerja yang sangat baik.


Di sisi lain, pemeriksaan harian direkomendasikan yang terdiri dari pemeriksaan visual pada bagian-bagian kendaraan yang rentan terhadap kerusakan dengan penggunaan rutin. Salah satu contoh yang baik adalah memeriksa ban sebelum operasi untuk indikasi keausan atau kerusakan yang pada akhirnya dapat menyebabkan hilangnya udara dan/atau ban pecah saat di jalan.


Operator yang baik seharusnya tidak hanya mengandalkan perawatan terjadwal kendaraan; bahwa operator juga harus melakukan pemeriksaan harian sebelum keluar di jalan atau mengoperasikan lift hidrolik karena beberapa bagian pada kendaraan jenis ini lebih rentan terhadap kerusakan dan keausan daripada yang lain.


Inspeksi Sasis


Sebelum beroperasi di jalan raya, sebaiknya lakukan pemeriksaan harian terhadap sasis dan komponen untuk memastikan truk tersebut laik jalan dan dapat berfungsi dengan baik saat mengoperasikan lift hidraulik.


Mesin - Pastikan kendaraan dapat diam dengan stabil tanpa salah tembak. Engine juga menyediakan daya untuk pengoperasian lift hidraulik; oleh karena itu harus dapat beroperasi dengan mantap tanpa mengulur waktu.

Roda - Roda harus memiliki tekanan ban yang sama sehingga dapat memberikan dasar yang stabil setiap kali lift hidrolik digunakan. Pastikan tekanan ban memenuhi persyaratan pabrikan. Cari masalah potensial yang dapat mempengaruhi pengoperasian ban atau roda.

Outriggers - Periksa outrigger truk apakah ada retakan di sekitar pengelasan dan cari kebocoran yang berasal dari sistem hidroliknya.

Lampu - Truk ember sering bekerja di tiang listrik di sisi jalan atau jalan yang lalu lintasnya padat. Untuk mencegah kecelakaan, lampu peringatan truk harus berfungsi dan terlihat jelas selama pengoperasian kendaraan.

Inspeksi Angkat - Saat memeriksa lift hidrolik truk ember; Anda harus terlebih dahulu memastikan bahwa lift dalam posisi netral, bahwa mesin telah dimatikan dan dikunci, dan bahwa tekanan hidrolik telah dilepaskan.

Periksa selang hidrolik yang aus - Cari retakan atau tanda-tanda kerapuhan di sekitar selang hidrolik yang menunjukkan bahwa selang hidrolik mulai memburuk dan perlu diganti.

Periksa kebocoran oli hidraulik - Periksa sistem hidraulik apakah ada kebocoran oli. Kebocoran oli hidrolik berarti sistem kehilangan tekanan selama operasi yang dapat mengurangi kapasitas angkat kendaraan.

Periksa kelelahan logam -Periksa struktur boom untuk tanda-tanda kelelahan logam yang jelas seperti retakan di sepanjang las boom atau indikasi boom yang tidak sejajar.

Sebelum mengeluarkan truk ember untuk bekerja, selalu lakukan pemeriksaan menyeluruh untuk memastikan semua bagian vital dalam kondisi operasional yang baik. Melakukan hal-hal yang relatif sederhana ini akan memperpanjang masa pakai truk ember serta menjadikannya kendaraan yang lebih aman untuk bekerja. Keamanan harus selalu menjadi perhatian pertama!

Comments

Popular Posts